baja

5 Keuntungan Menggunakan Kaso Baja Ringan

Truss atau kaso adalah salah satu alternatif jenis harga baja ringan taso untuk pembuatan rangka atap bangunan. Strukturnya terdiri dari rangkaian batang dan membentuk jaringan segitiga. 

Sebelumnya, kayu digunakan untuk pembuatan atap, tetapi saat ini baja ringan menjadi pilihan banyak orang. Kaso Baja ringan sering kali disebut usuk, yaitu elemen bersilangan gording dan dapat berperan menjadi balok anak untuk menyalurkan beban ke gording.

Apa itu Kaso atau Truss?

Truss atau kaso sebenarnya berasal dari kata Perancis Kuno, yaitu “trousse” yang telah digunakan sejak abad ke-13.

Akan tetapi, dalam konstruksi, truss merupakan struktur yang dibentuk oleh rangkaian cabang atau batang yang membentuk struktur segitiga yang kokoh dan dihubungkan satu sama lain serta memikul beban pada sambungan.

Truss atau kaso banyak digunakan sebagai kerangka untuk membangun atap rumah, jembatan, dan menara.

Keuntungan Menggunakan Kaso

Penggunaan atap baja dalam konstruksi komersial dan industri telah menjadi tren tersendiri. Penggunannya ini sangat populer dalam konstruksi perumahan. Ada beberapa alasan mengapa harga baja ringan taso menjadi pilihan konstruksi yang menarik. Beberapa alasannya adalah daya tahan dan keterjangkauan.

Supaya Anda mengetahui tentang apa itu kaso dan kelebihan menggunakan kaso baja ringan, berikut informasi lebih lanjut di bawah ini.

Kokoh dan Kuat

Salah satu keunggulan utama bahan kaso adalah rasio kekuatan-terhadap-beratnya yang tinggi. Hal tersebut akan membantu menghasilkan produk yang kuat untuk menahan hujan dan angin kencang.

Selain itu, memungkinkan untuk mendesain atap dengan bentang yang unggul. Oleh karena itu, baja merupakan pilihan terbaik untuk membangun arena kampus, olahraga, aula, dan lain sebagainya, 

Lebih Ringan Dari Kayu

Harga baja ringan taso lebih mudah, terutama untuk atap. Pasalnya, kelebihan baja ringan, yaitu rumah lebih ringan dalam menopang berat bangunan itu sendiri. Jika Anda menimbang kayu 2×4 dan baja 2×4, baja menjadi lebih berat karena kerapatannya. 

Namun, kaso baja ringan selalu lebih ringan daripada kayu. Keuntungan ini tidak hanya mengurangi tenaga kerja, tetapi juga biaya pengiriman. .

Proses Fabrikasi Terkontrol

Kualitas pembuatan baja ringan kaso sangat terkontrol. Dari pemotongan bahan hingga perakitan, hal ini dilakukan dengan pemantauan dan standarisasi yang ditentukan. Karena tidak perlu mengukur dan memotong sesuai ukuran, bahan tinggal dibentangkan saja.

Tahan Lama

Rangka baja yang dilapisi dengan benar, mampu menghasilkan produk yang tahan lama. Bahan ini tahan dengan situasi stres tinggi dan perawatan yang minim. Oleh karena itu, penggunaannya pada sistem atap baja direkomendasikan pada daerah dengan angin kencang atau risiko badai. 

Bentuk dan Kualitas Seragam

Berbeda dengan kayu yang sifatnya tidak mungkin seragam. Kaso baja ringan ini diproduksi dengan kontrol yang sangat ketat di pabrik. Maka dari itu, produk dibuat persis seperti yang dirancang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.