kerangka bangunan yang sedang diselesaikan

Mengenal Keunggulan dari Besi CNP

Besi CNP dikenal juga sebagai Kanal C, C-channel, serta Profil C. Sama seperti namanya, besi ini mempunyai bentuk yang menyerupai huruf C. Besi ini juga termasuk besi yang memiliki ukuran panjang.

Dikarenakan kegunaannya yang banyak ditemukan di dunia konstruksi, terutama dalam menopang beban berat. Hal ini tentunya besi Kanal C tidak terbuat dari bahan yang mudah rapuh

Mengenal dari Besi CNP

Bahan baku besi Kanal C ini merupakan salah satu besi plat. Cara besi plat bisa berubah menjadi besi Kanal C karena plat coil yang digunakan dan dibentuk menggunakan metode cutting. Sehingga dapat membentuk huruf C, dan voila.  

Besi CNP ini juga memiliki banyak ukuran yang diminati oleh sebagian besar orang. Umumnya, ukuran besi CNP yang seringkali dijual oleh distributor besi yaitu CNP 75, 100, 125, 150, 200. Adapun jenis material ini hanya mempunyai panjang sebesar 6 meter.

Fungsi dari Besi kanal CNP

Ada beberapa fungsi dari Besi CNP yang bisa diketahui, antara lain:

  1. Penutup Dinding

Terkadang Anda bisa menemukan dinding yang ditutup oleh sesuatu dan tampak seperti logam. Apabila Anda melihat penutup dinding seperti itu, maka pada umumnya bahan yang digunakan yaitu besi Kanal C.

  1. Rangka Atap Bangunan

Pada umumnya, di bagian rangka atap bangunan telah menggunakan besi CNP dan bisa ditemui di kawasan gedung, pabrik, serta gudang. Besi ini telah dipasang menyerupai 2 sisi samping pada segitiga untuk menopang atap dari bangunan gedung, pabrik, maupun bangunan.

  1. Purlin atau Balok Dudukan Penutup Atap

Besi Kanal C seringkali digunakan sebagai purlin karena dinilai kokoh. Sehingga dapat menopang berat benda di atasnya.

  1. Pagar

Banyak orang sudah memilih untuk menggunakan besi kanal C sebagai bahan untuk membuat pagar. Terutama pagar yang tinggi karena besi ini sudah terkenal sebagai besi yang kokoh dan memiliki ketinggian. Bahkan, bentuk yang pas untuk difungsikan sebagai pagar pengaman.

Keunggulan dari Besi Kanal CNP

Besi CNP ini mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan produk lainnya, antara lain:

  1. Mudah Dipasang

Bentuk huruf C yang dimiliki oleh besi Kanal C dan membuatnya menjadi mudah dipasang. Sehingga pembuatan besinya pun juga dapat disesuaikan dengan dimensi yang dibutuhkan.

  1. Kuat dan Kokoh

Material ini sudah terbuat dari campuran karbon, kromium, nikel, aluminium, serta bahan kuat lainnya. Sehingga tidak heran bila material ini sangat cocok untuk memenuhi berbagai keperluan pembangunan.

  1. Tahan Karat dan Anti Rayap

Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, besi Kanal C terbuat dari berbagai bahan yang lebih kuat dan berkualitas. Hal itu juga akan membuat besi Kanal C menjadi bahan yang tidak mudah berkarat dan anti rayap.

Itu saja beberapa informasi terkait Besi CNP yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan mendapatkan kemudahan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.