ilustrasi gelato

Begini Cara Buat Gelato dengan Mesin Gelato Rumahan yang Praktis dan Mudah

Gelato jadi pilihan banyak orang karena kadar lemak yang rendah, gelato juga punya tekstur yang unik. Harga gelato di gerai-gerai gelato relative mahal, tapi jika Anda ingin makan gelato dan punya mesin gelato rumahan bisa juga mencoba membuatnya langsung di rumah. 

Hal Penting Sebelum Membuat Gelato 

Sebelum membuat gelato, Anda harus tahu dulu bahan utama susu untuk gelato harus menggunakan susu sapi yang masih fresh. Anda bisa menggunakan susu UHT, karena susu kemasan tersebut masih terjaga kualitas dan kesterilan isinya. 

Jika Anda ingin gelato yang dibuat punya rasa dan sensasi gelato yang otentik, Anda bisa menggunakan sedikit krim, atau bisa dengan krim rendah lemak. Karena memang gelato di Italia sendiri punya aturan tidak boleh mengandung lemak lebih dari 8%. 

Gelato juga punya pembekuan yang sedikit berbeda dengan es krim, jadi kalau Anda tidak punya mesin gelato, Anda bisa menggunakan freezer biasa, tapi tentu akan memakan waktu yang lebih lama untuk membuat gelato jadi dan bisa dinikmati. 

Cara Membuat Gelato dengan Mesin 

Nah, kalau Anda sudah tahu bahan-bahan yang penting untuk gelato dan punya mesin gelato saatnya membuat gelato di rumah sendiri. 

Anda bisa menyiapkan bahan-bahan untuk gelato seperti, susu segar, krim, gula, kuning telur, serta tambahan untuk rasa gelato yang ingin dibuat misalnya coklat, matcha bubuk, dll. 

  • Langkah pertama panaskan susu dan krim dengan api sedang, aduk sampai susu dank rim mendidih, jika sudah terlihat gelembung matikan kompor dan tunggu susu sampai bersuhu normal.
  • Sambil menunggu susu dingin, aduk kuning telur dan gula dengan mixer. Saat mencampur dua bahan ini pastikan mengocok dengan kecepatan maksimal mixer, kocok sampai campuran merata dan mengental.
  • Jika tekstur campuran tadi sudah mengental, masukan susu yang sudah dingin perlahan ke dalam campuran, aduk dengan mixer dengan kecepatan paling kecil, aduk sampai campuran merata. 
  • Jika campuran susu tadi sudah tercampur rata, panaskan kembali di api kecil. Aduk campuran susu tadi, jangan sampai mendidih, cukup dengan campuran mulai mengental dan segera matikan api. 
  • Diamkan adonan campuran tadi selama kurang lebih 15 menit.
  • Jika sudah nyalakan mesin gelato Anda, masukan adonan gelato ke dalam mesin. 
  • Atur kecepatan pengadukan gelato dan atur suhu untuk pendinginan. 
  • Lalu tunggu mesin bekerja untuk membuat gelato, jika mesin berhenti bekerja atau mengeluarkan suara tandanya gelato sudah selesai. 
  • Anda bisa memindahkan gelato ke wadah untuk dimasukan ke dalam freezer agar tekstur gelato lebih sempurna
  • Anda bisa menikmati gelato setelah beberapa jam di dalam freezer. 

Punya mesin gelato memang memudahkan Anda untuk bisa membuat gelato enak dan cepat tanpa harus antri ke gerai es krim gelato di luaran. Namun tentu harga untuk mesin es krim gelato tidaklah murah. Jika Anda berniat membuat gerai gelato kecil-kecilan bisa menggunakan mesin buat gelato, tapi jika tidak Anda bisa membuatnya tanpa mesin juga. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.