pekerja sedang berdiri diatas bangunan

Mengenal Besi WF Lebih Detail

Apa itu Besi WF

WF merupakan jenis besi yang digunakan sebagai bahan konstruksi baja. WF merupakan singkatan dari Wide Flange Iron, besi ini berbentuk batangan dengan panjang 12 meter. Besi WF tergolong besi yang memiliki kekuatan tinggi dalam daya tekanan maupun daya tarik.

Besi WF diproduksi dari balok baja yang kemudian dibentuk dalam proses hot rolled steel atau proses canai panas. Material baja sebagai bahan mentah Besi WF memberikan hasil produksi yang mampu menahan beban berat sehingga sangat efisien digunakan untuk sebuah bangunan. Besi jenis WF memiliki tingkat kepadatan yang sangat tinggi namun tidak terlalu berat. 

Sebelum melakukan pembelian Besi WF, anda disarankan untuk melakukan pengecekan terhadap standar SNI pada besi yang akan anda beli. Sebab di Indonesia telah ditetapkan standar produksi besi dengan ketentuan kualitas yang wajib diikuti oleh perusahaan. Dengan demikian apabila anda membeli besi yang tidak berdasarkan standar Besi WF maka dikhawatirkan besi tersebut menjadi rapuh dan mudah roboh.

Jenis – Jenis Besi WF

Terdapat beberapa jenis Besi WF dengan tingkat kegunaan yang berbeda. Adapun beberapa jenis Besi WF tersebut adalah sebagai berikut :

  • WF I

Jenis Besi WF memiliki ukuran yang relatif lebih banyak yaitu mulai dari ukuran 150 – 600 bahkan terdapat pula ukuran 700 – 900. Dari segi popularitas, Besi WFI ini lebih banyak digunakan untuk pembangunan gedung yang tidak terlalu besar, seperti rumah maupun bangunan – bangunan kecil lainnya.

  • WF H

Jenis Besi WF pada dasarnya terlihat sama dengan jenis Besi WF Beam. Namun apabila ditelusuri lebih jauh terdapat perbedaan yang signifikan pada Besi WF H dan Beam. Perbedaan tersebut meliputi bentuk, tampilan serta fungsi Besi WF.

Pada Besi WF jenis H memiliki bentuk yang mirip dengan huruf H dan memiliki kuping yang lebih besar apabila dibandingkan dengan jenis Besi WF biasa. Selain itu terdapat dimensi ukuran lebar 2 kali lipat lebih lebar dibandingkan jenis Besi WF biasa.

  • WF Beam

WF Beam memiliki lebar dan tinggi antara 150 mm x 150 mm dan 200 mm x 200 mm. apabila ukuran Besi WF berukuran demikian maka dapat dipastikan bahwa Besi WF tersebut adalah jenis WF Beam. 

Besi Beam ini umumnya digunakan untuk pembuatan bangunan yang berukuran besar seperti bangunan – bangunan tinggi. Hal ini disebabkan Besi WF Beam memiliki lebih besar kekuatan apabila dibandingkan dengan jenis besi lainnya.

Fungsi Besi WF

Berikut fungsi dari Besi WF sebagai material pembuat rangka gedung :

  1. Digunakan untuk pondasi dalam pembangunan sebuah gedung atau bangunan bertingkat sebab Besi WF memiliki kekuatan yang seimbang dalam hal tekanan maupun tarikan.
  2. Dijadikan sebagai penyangga untuk jembatan karena Besi WF dipercaya tahan lama karena kualitasnya yang tidak mudah patah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.