ice cube

Apa Itu Ice Cube Machine? Yuk, Cari Tahu Definisinya

Buat sebagian orang, ice cube machine mungkin terdengar asing. Sesuai dengan namanya, mesin ini berfungsi untuk membuat es batu berbentuk kubus. Mesin ini kerap kali digunakan untuk skala bisnis seperti supermarket, bar, hotel, dan lain sebagainya.

Jika dibandingkan dengan kulkas atau freezer, mesin pembuat es ini punya keunggulan tersendiri yang jadi daya tarik utamanya. Salah satunya karena lebih hemat waktu. Nah, biar lebih kenal dengan mesin es yang satu ini, cari tahu cara kerjanya, yuk!

Cara Kerja Mesin Es Kubus

Salah satu alasan kenapa mesin pembuat es lebih hemat waktu karena cara kerjanya berbeda dari kulkas maupun freezer. Cara kerja mesin pembuat es ini perlu dipahami sebelum membeli mesin tersebut untuk dijadikan pertimbangan.

Pada ice cube machine, saat kompresor dinyalakan mesin akan masuk ke posisi freeze dan sistem refrigerator akan berjalan. Kemudian, untuk menghasilkan es batu, mesin akan mengalirkan air yang tersaring melalui filter menuju bak penampungan. 

Ketika bak penampungan penuh, maka floater akan menutup aliran air dari water ink dan water pump akan memompa air menuju pipa untuk dialirkan ke evaporator cetakan es. Proses ini terjadi secara berulang-ulang hingga air yang menuju pencetakan menjadi beku.

Menariknya, pada mesin pembuat es ini Anda dapat mengatur tingkat ketebalannya melalui fitur timer pada mesin. Makin lama proses pembuatan es, maka makin tebal juga es kubus yang dihasilkan. Karena bersifat otomatis, mesin pembuat es biasanya juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

Nah, sekarang sudah paham dengan definisi dan cara kerja mesin pembuatan es, bukan? Mesin pembuat es ini hadir dengan tipe dan ukuran yang berbeda-beda. Begitupun dengan harga jualnya di pasaran. Oleh karenanya, kenali tiap jenisnya agar tidak salah dalam memilih mesin pembuat es yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Namun, mengingat harganya yang cukup mahal, ice cube machine ini lebih cocok untuk bisnis berskala besar. Kalau untuk skala kecil, pengeluaran Anda akan membengkak untuk pembelian mesin.

Leave a Comment

Your email address will not be published.