ilustrasi espresso

Ini Dia 3 Cara Aman Membersihkan Espresso Coffee Machine

Jangan Sembarangan saat membersihkan espresso coffee machine. Pasalnya, cara membersihkan yang salah pun akan merusak mesin kopi espresso

Karena itulah, banyak pemilik mesin espresso yang mengeluh mesinnya bermasalah padahal sudah dibersihkan secara rutin. Lalu, bagaimana cara aman untuk membersihkan mesin espresso?

Bersihkan dengan Air Bersuhu Ruang 

Anda bisa membersihkan mesin espresso menggunakan air, tapi perhatikan suhu air yang Anda gunakan. Membersihkan mesin seperti ini tidak perlu menggunakan air yang terlalu panas bahkan mendidih. 

Cukup siapkan air bersuhu ruang dan bersih untuk membersihkan mesin espresso. Air suhu ruang lebih aman dan netral untuk perangkat mesin. Pasalnya, perangkat mesin terbuat dari beberapa bahan, seperti porselen, kaca, dan keramik. Bahan-bahan tersebut rawan pecah saat terkena air panas. 

Gunakan Air Tanpa Campuran Produk Pembersih Kimia 

Membersihkan alat dengan air dan produk pembersih yang ada dipasaran memang hasilnya maksimal. Tapi tidak untuk mesin espresso. Justru Anda tidak perlu mencampur air dengan produk pembersih apapun. 

Siapkan air suhu ruang secukupnya lalu mulai bersihkan mesin. Sangat mudah, bukan? Mesin espresso terdiri dari berbagai material yang sensitif terhadap bahan kimia. Salah menggunakan produk pembersih justru akan merusak espresso coffee machine Anda. 

Gunakan Sponge atau Lap Bersih dan Lembut 

Jika Anda merasa membersihkan menggunakan air saja tidak cukup, maka bersihkan permukaan mesin espresso dengan sponge atau lap bersih. Pastikan juga kalau bahan sponge atau lap tersebut lembut. 

Penggunaan lap lembut sangat penting agar tidak menggores permukaan mesin espresso. Langsung gunakan sponge atau lap kering yang bersih untuk mengeringkan mesin espresso yang basah. 

Jangan terlalu lama membiarkan mesin espresso Anda basah. Beberapa perangkatnya mungkin saja sensitif terhadap kelembaban dan justru semakin cepat berkarat.  

Anda memang perlu membersihkan mesin espresso secara berkala. Hal ini sangat penting untuk mempertahankan performa mesin espresso tersebut. Tapi, Anda tidak boleh membersihkannya secara asal-asalan. 

Membersihkan mesin espresso ada ketentuannya. Proses pembersihan yang asal-asalan justru akan lebih cepat merusak espresso coffee machine tersebut. Jadi, coba lakukan cara di atas dan lihat hasilnya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.