ilustrasi besi beton

Tips Memilih Besi Beton Berkualitas Tinggi

Besi beton merupakan material yang mempunyai fungsi serta peran yang cukup penting dalam proses pembangunan. Oleh sebab itu, pemilihan besi tidak boleh dilakukan sembarangan. Terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan karena faktanya terdapat berbagai macam besi dengan fungsi yang berbeda. Untuk orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia konstruksi, tentu tidak akan kesulitan dalam memilih jual besi beton yang berkualitas dan sesuai kebutuhan.

Cara Memilih Besi Beton

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli besi beton, antara lain:

  1. Pahami Betul Jenis-jenisnya

Masing-masing dari jenis besi beton ini mempunyai keunggulan dan fungsi yang berbeda. Sehingga harus dipahami terlebih dulu. Misalnya saja, jenis beton ulir dengan polos, dimana karakteristik besi ulir ini sangat sulit untuk dibengkokkan.

Sementara untuk jenis besi polos lebih mudah untuk dibentuk. Sehingga harus disesuaikan terlebih dulu dengan kebutuhan konstruksi.

  1. Sesuaikan Ukuran dengan Kebutuhan Konstruksi

Terdapat berbagai macam ukuran, sehingga Anda harus memilihnya sesuai dengan kebutuhan bangunan. Ukuran yang dimaksud disini adalah diameter, sementara untuk ukuran panjangnya yakni standar 12 meter.

Misalnya saja, kebutuhan besi yang diperlukan yang memiliki ukuran 10, tapi Anda membeli yang berukuran 22, tentu hal itu tidak sesuai. Apabila hal itu dipaksakan, maka akan membahayakan konstruksi.

  1. Pastikan Kondisi Besi Masih Bagus

Saat akan membeli besi beton, lebih baik perhatikan dulu kondisinya. Besi yang disimpan terlalu lama akan memiliki karat di permukaannya dan hal tersebut menunjukkan kualitas yang kurang bagus. Besi yang berkarat tidak baik untuk penghuni bangunan tersebut. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli besi beton, pastikan dulu bahwa besi yang Anda pilih tidak berkarat.

  1. Perhatikan Merk dan SNI

Hampir semua produk mempunyai merk unggulan yang sebanding dengan kualitasnya. Begitu juga dengan produk besi, juga mempunyai merk unggulan yang bisa Anda cari referensinya terlebih dulu. Bila diperhatikan, ada logo SNI di bagian besinya. Dengan memilih produk ber SNI, maka Anda akan memperoleh jaminan bahwa produk berkualitas sesuai dengan standar yang ada.

  1. Jangan Mudah Tergiur Harga Murah

Kadang kala, orang-orang mudah tergiur dengan harga besi beton yang murah. Sehingga lebih memilih kuantitasnya dibandingkan dengan kualitasnya. Padahal, harga yang murah dibawah pasar sudah sangat meragukan. Maka dari itu, carilah produk yang ber SNI dengan harga yang wajar di pasaran.

  1. Beli di Distributor Terpercaya

Tips lain yang perlu Anda ikuti adalah membeli besi beton di distributor terpercaya. Sebab, distributor yang sudah terpercaya sudah pasti menyediakan produk besi berkualitas dengan standar SNI dan juga harga yang wajar.

Demikian penjelasan mengenai tips memilih besi beton yang berkualitas tinggi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.