atap baja ringan terbaik

Miliki Atap Rumah Kokoh dengan Baja Ringan Jakarta

Pamor atap baja ringan terbaik Jakarta sebagai material konstruksi atap yang kokoh memang semakin meningkat beberapa tahun terakhir ini. Apabila Anda juga berminat menggunakan baja ringan untuk atap rumah, simak penjelasan mengenai apa itu atap baja ringan terbaik beserta kisaran harganya lewat ulasan di bawah ini. 

Sekilas Tentang Baja Ringan

Baja ringan merupakan salah satu material konstruksi yang terbuat dari campuran bahan dasar seng dan alumunium. Selain untuk atap, material ini bisa diaplikasikan untuk pembangunan rumah, pabrik, kantor dan jenis gedung lainnya.

Baja ringan dikenal akan ketahanannya sehingga bisa digunakan hingga lebih dari 40 tahun. Hal ini tentu berbeda dengan konstruksi atap rumah kayu yang tingkat keawetannya hanya sampai 15 hingga 20 tahun saja. Belum lagi suhu lingkungan yang lembab akan membuat rangka kayu menjadi mudah keropos. 

Jenis Atap Baja Ringan Terbaik

Terdapat dua jenis baja ringan yang tersedia di pasaran, yaitu baja ringan jenis Galvanis dan baja ringan jenis Zincalume. Kedua jenis baja ringan ini memiliki kualitas yang sama bagusnya.

Baja ringan Galvanis terbuat dari komposisi 98% Zinc (Zn) dan 2% Aluminium (Al). Galvanis umumnya sangat tahan terhadap korosi yang terjadi oleh air semen namun tidak tahan oleh air dengan kandungan garam yang tinggi. 

Sedangkan untuk baja ringan Zincalume terbentuk dari campuran 55% Alumunium (Al) , 43.5% Zinc (Zn) 1.5% Silikon. Jenis baja ringan ini memiliki ketahanan terhadap korosi air garam namun lemah bisa terkena air adukan semen.

Kisaran Harga Baja Ringan 

Baja ringan Jakarta memiliki harga yang cukup bervariasi tergantung dari jenis baja hingga merek yang diplih. Kisaran harganya mulai dari Rp. 35 ribu hingga Rp. 105 ribu per batang. Bahkan untuk baja ringan dari merek ternama harganya bisa mencapai Rp 120 ribu per batangnya. Anda bisa memilih jenis dan merek baja ringan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Memasang Rangka Atap Baja Ringan Tidak Boleh Asal-asalan

Meski mudah dipasang, Anda tetap harus memahami cara memasang rangka atap baja ringan yang benar. Apabila dipasang dengan asal-asalan, siku rangka atap baja ringan mungkin berada pada posisi yang kurang tepat. Lebih parahnya lagi, kesalahan dalam pemasangan rangka atap baja ringan dapat meningkatkan risiko konstruksi roboh dan rusak. 

Pemasangan baut pada bagian tepi juga perlu diperhatikan. Pastikan posisi baut sudah simetris utamanya pada sudut pertemuan antar batang baja ringan. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan gording setelah kuda-kuda terakhir bertumpu pada ringbalk

Dengan menggunakan baja ringan Jakarta, Anda bisa memiliki atap rumah yang kokoh dan tahan lama. Bagaimana, sudah yakin menggunakan material baja ringan untuk atap rumah Anda? Anda bisa mencari informasi tentang merek baja ringan terbaik di laman internet sekarang juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published.