Kelebihan Pipa Hitam Medium

Pipa hitam medium biasa digunakan untuk konstruksi bangunan, pipa ini biasa disebut sebagai pipa baja hitam yang berbahan besi. Lalu apa yang dimaksud dengan pipa tersebut? Apa saja kegunaannya dan berapa harganya? Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat pipa ini ?Penasaran kan simak artikel berikut ini.

Pipa hitam medium

Pipa hitam medium merupakan suatu jenis produk yang berbahan dasar bijih besi yang berasal dari tambang. Proses pembuatan pipa hitam ini dimulai dari pengentalan mineral besi setelah itu dilakukan proses peleburan. Jika proses peleburan sudah selesai maka dilakukan proses selanjutnya yaitu ekstraksi, kegunaan dari proses ini salah satunya untuk pembersihan, pengurangan kandungan pada karbon serta untuk menghilangkan unsur yang tidak diinginkan. Kemudian dilakukan proses pengecoran tujuan adanya proses ini untuk mencetak pipa. Tahap terakhir dari proses pencetakan ini mencakup pembersihan dan pelapisan dengan menggunakan bahan pelindung 

Ada berbagai kelebihan  yang ada pada pipa ini. Pertama yaitu pipa memiliki sifat  anti pada karat karena bahan yang digunakan itu adalah stainless steel dank yang biasanya digunakan untuk konstruksi. Selain itu pipa juga memiliki sifat kuat dan tahan terhadap berbagai cuaca, jadi cocok jika digunakan sebagai bahan dalam proses pembangunan. Kelebihan kedua yaitu pipa dapat digunakan untuk mengalirkan cairan dalam bentuk apapun itu seperti pabrik Oli, pertambangan untuk mengalirkan air dan gas. Selain itu juga dapat digunakan untuk penyangga konstruksi rumah tinggal maupun tiang pada lampu jalan.

Baja memiliki kandungan kimia antara lain carbon steel, carbon ini terdiri dari besi karbon 1,7% dan 1,65% mangan serta bahan lainnya. Sedangkan baja karbon menengah yang memiliki kandungan sekitar 0,30% sampai 0,60%. Tidak hanya itu baja kandungan tinggi itu juga memiliki kandungan sekitar 0,60%.

Pipa hitam ini dapat digunakan untuk pembangkit listrik, pabrik Petrokimia serta kapal yang berfungsi untuk melakukan pengangkutan berbagai bentuk cairan dan gas yang mana memiliki kandungan tekanan sangat tinggi. Ukuran dari baja itu berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan Anda yang mana sering digunakan untuk berbagai industri. Pipa terbagi menjadi 3 berdasarkan ukurannya  yaitu large bore pipe yang memiliki ukuran 2 inchi, tipe selanjutnya small bore pipe termasuk pipa yang memiliki ukuran kurang dari 2 inchi. Tipe yang ketiga yaitu tubung, pipa ini memiliki ukuran lebih dari 4 inchi. Ukuran pipa ini memiliki ukuran paling rendah 0,5 dan sampai 24 inchi biasanya pipa jenis ini di proses dengan panjang sekitar 6 meter.

Hal diatas adalah berbagai kelebihan pipa hitam medium yang dapat menjadi referensi bagi Anda ketika memilih pipa untuk konstruksi pembangunan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.