atap polikarbonat gelombang

Jangan Asal! Perhatikan Cara Pemasaran Atap Polikarbonat dengan Baik

Atap polikarbonat gelombang merupakan jenis atap yang biasanya digunakan saat Anda memerlukan atap bening atau transparan. Dibandingkan dengan atap material kaca, atap polycarbonate memiliki bobot yang jauh lebih ringan dan juga lebih kuat. Maka tidak heran kebanyakan orang lebih memilih atap dari material polycarbonate dari pada material lainnya.

Cara Pemasangan Atap Polycarbonate 

Material polycarbonate termasuk dalam jenis polimer termoplastik yang mudah dibentuk menggunakan panas, maka tidak heran pada industri kimia material polycarbonate ini banyak Anda temukan. Dengan sifat yang mudah dibentuk tersebut, membuat atap polycarbonate juga menjadi lebih mudah saat pemasangannya.

Meskipun begitu, Anda harus tetap berhati-hati saat memasang atap polycarbonate, karena teksturnya yang lentur membuat material ini mudah mengalami kebocoran jika dipasang dengan cara yang tidak benar.

Cara pemasangan atap polycarbonate perlu melalui beberapa tahap, yang mana setiap tahapnya perlu diperhatikan dengan baik. Tahap pemasangan atap polycarbonate tersebut diantaranya adalah,

  1. Pemotongan

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pemotongan terhadap lembaran atap polycarbonate. Saat pemotongan, pastikan Anda menggunakan benda tajam seperti gergaji tangan, gerinda, atau bisa juga menggunakan gunting besi. Untuk hasil yang lebih rapi, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain seperti pisau atau cutter.

Pemotongan lembaran atap polycarbonate ini perlu dilakukan secara hati-hati, terutama saat Anda membaringkan lembaran polycarbonate tersebut, pastikan agar lembaran tidak terkena berbagai goresan.

  1. Pemasangan lembaran polycarbonate 

Setelah lembaran polycarbonate dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, selanjutnya adalah tahap pemasangan lembaran polycarbonate menggunakan pengencang anti karat yang memiliki daya tahan cuaca. Pemasangan ini dilakukan untuk setiap struktur batangnya.

Buat lubang-lubang pada pengencang untuk tempat pemasangan sekrup, lubang dibuat menggunakan bor dengan jarak 2 mm dari diameter pengencang. Jarak tersebut dibuat untuk mengatasi pemuaian sekrup pada siang hari dan juga pengerutan pada malam hari.

Pada ujung polycarbonate yang masih terbuka, Anda perlu memasang selotip khusus yang kedap air untuk mencegah masuknya air, kotoran, dan debu.

Selanjutnya adalah merangkai lembaran atap polikarbonat gelombang menjadi satu menggunakan profil H. Ikuti petunjuk penggunaan profil H dengan baik agar hasilnya bagus.

  1. Pemasangan atap

Atap polycarbonate merupakan jenis atap yang cukup fleksibel, sehingga Anda bisa memasangnya menjadi berbagai bentuk, bisa dipasang datar, melengkung, maupun tegak lurus. Namun, saat pembentukan Anda tetap harus menyesuaikan dengan tulangnya.

Atap polycarbonate perlu dipasang sesuai dengan rangka yang sebelumnya sudah dirangkai. Pastikan permukaan yang dilapisi anti sinar ultraviolet sudah benar menghadap ke atas.

Itulah beberapa tahap yang perlu Anda lakukan saat akan memasang atap polikarbonat gelombang. Pastikan untuk selalu berhati-hati di setiap tahap pengerjaannya agar tidak menimbulkan kerusakan pada lembaran polycarbonate.

Leave a Comment

Your email address will not be published.