atap genteng metal

Pengertian Dan Tips Pemasangan Genteng Metal

Tahukah anda bahwa saat atap genteng metal menjadi salah satu jenis atap yang cukup banyak diminati. Hal ini tentunya menandakan bahwa jenis atap tersebut memiliki banyak kelebihan sehingga pada akhirnya laris manis di pasaran. Berikut ini adalah penjelasannya.

Mengenal Genteng Metal

Setiap orang pastinya akan memilih material yang tepat dalam membangun sebuah rumah atau bangunan lainnya. Dan pastinya perlu dilakukan berbagai macam pertimbangan agar dapat menciptakan sebuah bangunan yang tak hanya nyaman dan indah namun juga dari segi keamanan terjamin.

Di dalam sebuah bangunan sendiri ada banyak sekali elemen yang perlu diperhatikan di mana salah satunya yaitu atap. Atap merupakan salah satu bagian dari sebuah bangunan yang memiliki fungsi melindungi bangunan dari panas dan hujan serta terpaan angin maupun cuaca ekstrem. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ketika memilih material atap harus dipertimbangkan dengan baik.

Pilihan material atap sendiri sangatlah banyak dimana diantaranya adalah genteng metal. Atap genteng metal sendiri sebenarnya merupakan atap yang terbuat dari bahan logam yang bisa bertahan dalam jangka waktu panjang hingga puluhan tahun. Namun tentunya ketahanan genteng metal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis bahan dasar pembuatannya serta proses pemasangan yang tepat

Pemilihan atap bangunan yang tepat akan memberikan beragam keuntungan. Hal pertama tentunya akan menambah nilai estetika sebuah bangunan serta tentunya jika pemilihan material atap berkualitas maka secara tidak langsung akan menghemat pengeluaran karena tidak perlu sering melakukan perbaikan atau penggantian atap genteng metal.

Sehingga jika anda ingin memiliki sebuah rumah atau bangunan yang memiliki atap yang awet dan berkualitas maka anda harus mempertimbangkan material bahan pembuatan dari atap itu sendiri.  Dan salah satu jenis atap yang cukup direkomendasikan adalah genteng metal.

Cara Pemasangan Genteng Metal

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa awet tidaknya sebuah genteng atau atap dipengaruhi berbagai faktor di mana salah satunya yaitu proses pemasangannya. Hal ini artinya meskipun kualitas genteng yang digunakan sangat baik namun jika proses pemasangannya tidak tepat tentunya juga akan rawan terjadi kerusakan sehingga harus sering dan cepat melakukan perbaikan atau penggantian.

Untuk itulah mengapa ketika membangun sebuah rumah atau bangunan proses pemasangan atap harus dilakukan dengan tepat. Akan lebih baik lagi jika dilakukan oleh orang yang memang ahli di bidangnya. Dan Berikut ini adalah beberapa cara atau tips dalam memasang atap metal yang tepat.

  1. Lakukan pemasangan mulai dari sayap kiri atas terlebih dahulu
  2. Pastikan memaku genteng pada bagian lekukan lurus, samping dan vertikal
  3. Perhatikan bagian atas dan bawah atap apakah sudah pas
  4. Untuk bagian sambungan samping, atas dan juga bawah pastikan sudah pas
  5. Jika dirasa semua bagian sudah tepat maka pemasangan bisa dimulai dengan cara mengikuti alur yang sudah ada
  6. Tentukan jenis genteng metalnya sesuai dengan jenis rangka atapnya
  7. Pastikan ukuran maupun ketebalan atap sudah sesuai

Dan untuk mendukung semua tips diatas maka pastikan proses pemasangannya dilakukan oleh orang yang tepat. Jika anda tak berpengalaman, maka ada baiknya menggunakan jasa tukang untuk memasang atap genteng metal ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.