coffee grinder

Ingin Menggunakan Coffee Bean Grinder Manual? Yuk Ikuti Tips Ini

Mengonsumsi kopi setiap hari merupakan suatu kebiasaan bagi para pecinta kopi. Tentunya tidak menggunakan kopi instan untuk diseduh, mereka biasanya akan meluangkan waktu untuk membuat kopi sendiri dari awal sampai akhir. Bagi Anda yang minim budget, mungkin bisa menggunakan coffee grinder manual untuk mendapatkan cita rasa kopi yang maksimal. Proses penggilingan kopi nantinya bisa memberikan pengalaman yang seru dan memuaskan. 

Penggilingan kopi manual dipercaya bisa menghasilkan cita rasa kopi lebih enak dan tentunya akan membawa sensasi menyenangkan bagi penggunanya. Saat menggiling kopi, Anda bisa menentukan sendiri ingin cita rasa kopi yang seperti apa. Namun untuk mendapatkan gilingan kopi manual yang berkualitas tidaklah mudah, setidaknya Anda menerapkan tips berikut ini. 

Perhatikan Bagian Mata Giling

Penggiling kopi biasanya memiliki karakter hampir sama dengan jenis penggiling lainnya. Pasti penggiling kopi memiliki mata pisau atau mata gilingan. Komponen yang ada dalam penggiling kopi terdiri atas 2 buah dan hadir dalam bentuk dinding bergerigi. Dinding tersebut biasa dikenal dengan conical burr yang terbuat dari material keramik, porselen, dan baja. Burr bisa membuat Biji kopi menghasilkan potongan kopi yang tepat sehingga tidak merusak esensi kopi sendiri. 

Pilih Grinder Manual Sesuai Kebutuhan

Coffee bean grinder manual tentunya juga memiliki banyak varian, namun sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jika Anda menggunakannya setiap hari untuk membuat kopi bagi diri sendiri, maka pilihlah jenis penggiling manual . Grinder pastinya cocok digunakan bagi Anda yang terbiasa menyeduh kopi dengan jumlah kecil. Jika memang untuk kebutuhan komersil, maka sebaiknya pilih varian lain yang cara kerjanya lebih cepat dan sesuai. 

Biasanya pemilik kedai kopi akan banyak memilih jenis penggiling otomatis atau elektrik. Grinder dipercaya bisa membantu pengguna menghemat tenaga dan menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang cepat. Hindari memilih grinder kopi yang tidak sesuai dengan kebutuhan karena bisa menimbulkan kesusahan sendiri. Intinya apapun jenis grinder kopi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kedepannya. 

Perhatikan Kapasitas Penggilingan

Selain memperhatikan masalah kebutuhan, Anda juga harus mempertimbangkan kapasitas penggiling kopi yang ingin di beli. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, jika kopi untuk disajikan sendiri tiap harinya, maka pilih penggiling yang kapasitasnya kecil. Penggilingan yang berkapasitas kecil biasanya mampu membuat 1-2 cangkir per hari sehingga tidak masalah. Ingin membuka kedai kopi? 

Anda sangat dianjurkan untuk membeli mesin dengan kapasitas yang lebih besar supaya proses penyajian untuk banyak orang bisa berjalan cepat. Coba sesuaikan daya listrik yang tersedia pada mesin penggiling karena kapasitas besar bisa memakan daya tinggi. Dalam memilih coffee bean grinder manual yang berkualitas, perhatikan juga masalah budgetnya. Makin berkualitas mesin penggiling kopi, maka akan semakin mahal harga yang ditawarkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.