maklon body serum

Apa Saja Jenis Ingredients yang Biasa Digunakan oleh Maklon Body Serum?

Tak perlu dipungkiri lagi bahwa maklon body serum merupakan pilihan partner profesional yang tepat untuk membantu Anda merintis body care Anda sendiri. Hanya saja, sebagai pemilik brand Anda juga perlu belajar soal dunia body care. Salah satunya mengenal dan memahami ingredients yang digunakan dalam proses pembuatan body serum.

Jenis-Jenis Ingredients Umum dalam Body Serum

Kalau begitu, apa saja ya jenis ingredients atau bahan-bahan yang umum digunakan di dalam produk body serum? Berikut ini daftar dan rangkuman penjelasannya.

  1. Air.

Air merupakan salah satu ingredients penting untuk segala jenis produk body care, termasuk body serum. Maka dari itu, tak diragukan lagi bahwa formulasi yang dibuat oleh tim maklon body serum pasti juga memiliki kandungan yang satu ini.

Air merupakan moisturizer terbaik dan untuk membuat produk body care seperti body serum atau lotion, air distilasi (distilled water) adalah pilihan yang lebih direkomendasikan. Dengan menggunakan air distilasi, Anda bisa menghindari risiko kontaminasi yang bisa memengaruhi kualitas body serum.

Ingredient lainnya yang umum digunakan dalam body serum adalah minyak (oil). Ada yang menggunakan minyak cair, dan ada juga yang menggunakan minyak padat atau butter.

Tapi jangan salah sangka, karena minyak yang digunakan jelas bukan minyak untuk memasak, ya! Minyak yang digunakan dalam body care diekstrak dari berbagai bahan alami seperti alpukat, kelapa, shea, dan zaitun — masing-masing punya manfaat untuk menarget kondisi kulit yang berbeda-beda.

Glycerin merupakan salah satu jenis humektan yang menarik air dari udara ke kulit, serta berkontribusi untuk menghasilkan tekstur body serum yang halus dan melembapkan. 

  1. Citric acid.

Pada dasarnya, produk body serum butuh pengawet untuk mencegah ingredient-ingredient yang digunakan dari risiko kerusakan. Dan salah satu pilihan populer yang banyak digunakan para produsen body serum maupun produk body care lainnya adalah citric acid. Soalnya, citric acid bisa bantu menurunkan pH produk sehingga bisa digunakan di berbagai jenis kulit.

Walaupun body serum mengandung air dan minyak sebagai dua ingredient utama, kedua bahan tersebut tidak akan bisa tercampur tanpa bantuan emulsifier. Dengan adanya emulsifier, kandungan air dan minyak akan tercampur dan menghasilkan tekstur body serum yang lembut serta konsisten. Beberapa contoh emulsifier yang biasa digunakan adalah polysorbate 20 dan cetearyl alcohol.

  1. Essential oil dan fragrance.

Jenis ingredient lainnya yang digunakan maklon body serum adalah essential oil, yang biasa digunakan untuk memberikan wangi pada produk saat digunakan. Contohnya vanilla essential oil, yang memberikan aroma lembut nan menenangkan. Penggunaan essential oil ini bisa juga dicampur dengan fragrance lain untuk memperkuat aromanya sesuai permintaan ataupun kebutuhan brand Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.